Jumat, 22 September 2023

XAU/USD Pangkas Kenaikan Mingguan, Diperdagangkan di Sekitar $1.920

 

XAU/USD melanjutkan penurunan mingguan ke $1.913,91 karena Dolar AS terus menguat menyusul keputusan Federal Reserve (The Fed) mempertahankan suku bunga tidak berubah, namun berkomentar suku bunga akan tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama. Selain itu, The Fed juga masih membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lagi pada tahun ini. Ketua Jerome Powell mengatakan fokusnya adalah pada soft landing, mengindikasikan bahwa mereka masih kesulitan untuk menghindari resesi.

Pelaku pasar menjadi dalam mode penghindaran risiko karena berita tersebut, dengan sentimen suram diperburuk oleh keputusan serupa dari Bank of England (BoE) pada hari Kamis. Gubernur Andrew Bailey dan kawan-kawan memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga bulan ini, bertentangan dengan ekspektasi kenaikan suku bunga 25 basis poin (bp). Para pengambil kebijakan optimis terhadap penurunan inflasi namun tidak akan ragu untuk menaikkan suku bunga lagi jika tekanan harga meningkat. Terakhir, mereka menambahkan bahwa kebijakan moneter akan cukup ketat dalam jangka waktu yang cukup lama agar inflasi dapat mencapai sasarannya.

Indeks global melemah, sementara kekhawatiran mendorong imbal hasil obligasi pemerintah. Imbal hasil obligasi Pemerintah AS bertenor 2-tahun mencapai puncaknya di 5,202%, tertinggi sejak 2006, dan kini berada di kisaran 5,14%. Sementara itu, obligasi 10-tahun menawarkan 4,47%, naik 12 bp hari ini.

Prospek Teknis Jangka Pendek Harga XAU/USD

XAU/USD telah memangkas semua kenaikan mingguannya, dan grafik harian menunjukkan harga berada di sekitar $1.919, saat ini berkembang di bawah semua moving average-nya. Sementara itu, indikator-indikator teknikal mendapatkan daya tarik ke bawah dalam level-level negatif, sejalan dengan minat jual yang persisten. Selain itu, pasangan ini mencapai puncaknya minggu ini di sekitar retracement Fibonacci 61,8% dari kemerosotan $1.982,15/$1.884,77 di $1.946,10, kemudian mundur tajam setelahnya. Level tersebut juga membatasi kenaikan pada bulan Agustus, dan Emas sekarang berada di bawah retracement 38,2% dari penurunan yang sama di $1.921,80, level resistance terdekat.

Grafik 4-jam mendukung perpanjangan bearish. XAU/USD melayang di sekitar Simple Moving Average (SMA) 200, sedangkan SMA yang lebih pendek mendapatkan kekuatan bearish di atasnya. Pasangan ini menghadapi minat jual jangka pendek saat melonjak di atas resistance Fibonacci terdekat, sejalan dengan tren dominan. Terakhir, indikator-indikator teknis stabil jauh di bawah garis tengahnya, hampir tidak kehilangan potensi bearish-nya.

Level-level support: 1.907,30 1.897,20 1.884,70

Level-level resistance: 1.921,80 1.933,30 1.946,10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar