Jumat, 01 September 2023

Emas Turun tapi Tetap di atas $1.900; Rilis Inflasi Tinggi sebelum Data Pekerjaan Kunci

 

Harga emas bertahan di atas level kunci tengah $1.900 pada hari Kamis (31/08) tetapi sedikit turun setelah data inflasi yang lebih tinggi mendorong kekhawatiran atas kenaikan suku bunga The Fed - bahkan ketika perkiraan menunjukkan potensi penurunan tajam jumlah pekerjaan AS untuk bulan Agustus.

Ekonom memperkirakan non-farm payrolls untuk bulan lalu hanya 170.000 lebih tinggi dari penambahan 187.000 di bulan Juli - menandai ekspansi bulanan terkecil dalam pekerjaan sejak Februari 2021. Federal Reserve mengamati semua data pekerjaan AS, serta upah, bak hawkish untuk menentukan dampaknya terhadap inflasi dan bagaimana hal itu bisa mempengaruhi keputusan suku bunga yang akan datang pada 20 September.

Data inflasi terpisah, yang disebut indeks Personal Consumption Expenditures, atau PCE, yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan ekspansi 3,3% pada tahun ini hingga Juli - tergelincir lebih jauh dari target tahunan 2% Fed. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa bank sentral tidak akan banyak bergeming dari sikap hawkish dan membebani emas.

Pada settlement hari Kamis, emas berjangka yang paling aktif Desember di Comex New York mencapai $1.965,90/oz, turun sebesar 0,34%, pada hari itu. Harga emas mencapai level tertinggi lima minggu di $1.977,05 di sesi Rabu. Sepanjang bulan Agustus, emas turun 2%.

Harga emas spot, yang lebih banyak diikuti daripada emas berjangka oleh sebagian traders, berakhir turun 0,12%, di $1.939,96/oz. Mencerminkan perdagangan real-time emas, emas spot mencapai level tertinggi empat minggu di $1.949.05 pada hari Rabu. Untuk bulan Agustus, harga emas turun 1,2%.

"Emas telah didukung baik dalam beberapa hari terakhir oleh data AS yang telah kita lihat, terutama angka-angka (pekerjaan) yang, jika digabung dengan laporan yang lemah, bisa dengan kuat isyarat keretakan yang muncul di pasar tenaga kerja," papar Craig Erlam, analis di platform perdagangan online OANDA.

"Kami tidak berbicara tentang sesuatu yang terlalu substansial saat ini, namun tentu saja panas yang lebih sedikit yang akan membuat The Fed terhibur, berpotensi cukup untuk berhenti sejenak dalam beberapa minggu," ujar Erlam, mengacu pada keputusan suku bunga 20 September oleh bank sentral.

Inflasi telah menurun signifikan di Amerika Serikat setelah The Fed melakukan salah satu pengetatan moneter paling agresif dalam sejarahnya selama 18 bulan terakhir untuk mengatasi inflasi yang disebabkan oleh pandemi virus corona dan triliunan dolar bantuan stimulus terkait hal itu.

Sejak Maret 2020, bank sentral telah menambah 5,25% pada suku bunga acuan yang sebelumnya hanya 0,25%. Akibatnya, inflasi yang diukur dengan IHK, telah jatuh dari level tertinggi empat dekade yang disetahunkan sebesar 9,1% pada Juni 2022.

Meski demikian, The Fed belum dapat dengan mudah memindahkan inflasi utama kembali ke level 2% ke bawah yang telah dipertahankan sebelum pandemi. Alasannya, menurut bank sentral, adalah pertumbuhan lapangan kerja dan upah yang lebih kuat dari perkiraan sejak wabah COVID-19 yang memungkinkan masyarakat Amerika untuk terus membelanjakan uangnya dengan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar