Rabu, 13 September 2023

Saham Eropa dibuka melemah jelang laporan inflasi AS

 

Saham-saham di bursa Eropa melemah pada awal perdagangan Rabu, karena investor bersiap untuk laporan penting inflasi AS yang akan dirilis hari ini sebagai isyarat mengenai lintasan suku bunga Federal Reserve.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 0,5 persen pada pukul 07.07 GMT, dengan saham-saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga tergelincir 0,8 persen.

Harga konsumen AS kemungkinan mengalami peningkatan terbesar dalam 14 bulan pada Agustus, namun perkiraan kenaikan inflasi yang moderat dapat mendorong Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga pada pertemuan minggu depan.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa (ECB) memperkirakan inflasi di zona euro akan tetap di atas 3,0 persen tahun depan, kata sebuah sumber, menambah kekhawatiran terhadap kenaikan suku bunga ECB yang kesepuluh berturut-turut pada Kamis (14/9/2023).

Saham BP yang tercatat di London terpangkas 1,6 persen setelah CEO Bernard Looney mengundurkan diri pada Selasa (12/9/2023) karena gagal mengungkapkan sepenuhnya rincian hubungan pribadi masa lalu dengan rekan kerjanya.

Saham-saham unggulan FTSE 100 Inggris tergelincir 0,2 persen, juga terbebani oleh data yang menunjukkan output ekonomi Inggris turun lebih besar dari perkiraan pada Juli.

Investor juga mengamati data produksi industri untuk Inggris dan zona euro yang akan dirilis hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar