Rabu, 25 Oktober 2017

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Diabadikan Konstitusi, Xi Jinping Bisa Berkuasa Seumur Hidup





Diabadikan Konstitusi, Xi Jinping Bisa Berkuasa Seumur Hidup
PT SOLID GOLD BERJANGKA - Presiden Xi Jinping disebut bisa berkuasa seumur hidup setelah nama dan ide politiknya diabadikan dalam konstitusi oleh Partai Komunis China.

"Xi Jinping kini mempunyai jaminan dukungan institusional. Dia bisa menjadi kaisar seumur hidup," kata Willy Lam, profesor tambahan Pusat Studi China di Chinese University of Hong Kong, Selasa (24/8).

Willy mengatakan Xi bisa terus berkuasa selama mungkin selama kesehatannya memungkinkan. Sementara itu, sejumlah analis lain  juga berspekulasi Xi bakal berniat untuk terus berkuasa hingga setelah 2022.

Saat itu, masa jabatannya akan berakhir. Jika ia terus menjabat, ia sekaligus melanggar tradisi yang diikuti dua pendahulunya dan mengikuti jejak Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal tersebut dimungkinkan menyusul keputusan Partai Komunis dalam rangkaian kongres lima tahunan yang berlangsung sejak 18 Oktober kemarin.

Partai penguasa itu menyetujui amandemen konstitusi yang secara langsung mengabadikan nama Xi dan gagasan politiknya dalam dasar negara.

Selama ini, tidak ada pemimpin China yang nama dan ideologinya dimasukkan ke dalam konstitusi selagi masih menjabat, selain Mao Zedong yang merupakan . Nama dan gagasan Deng Ziaoping, pendahulu Xi, baru masuk setelah kematiannya pada 1997 silam.

Lam mengatakan Xi bakal mendapatkan lebih banyak kekuasaan dalam semua aspek kehidupan di China.

Ia juga mengatakan Xi telah "benar-benar menolak" tradisi kepemimpinan kolektif yang dibangun oleh Deng Xiaoping, pemimpin yang membawa China membuka diri ke masyarakat internasional.

Sementara untuk di kancah dunia, Lam mengatakan filosofi "era baru" Xi bakal membawa China sebagai salah satu kekuatan besar yang "memainkan peran penting dalam persoalan global."
 
 

Ide Xi yang dimasukkan ke dalam konstitusi adalah "Pikiran soal Sosialisme dengan Karakteristik China untuk Era Baru. Para delegasi partai dengan mutlak menyepakati konsep itu sebagai haluan.

Hal itulah yang membuat Xi jadi sosok lebih kuat, baik secara domestik maupun internasional.

Di dalam negeri, ia telah menjatuhkan para pejabat senior lewat operasi antikorupsi dan pembatasan kebebasan berbicara. Selain itu, dia juga merobak Tentara Pembebasan Rakyat yang diperkuat dua juta orang, pasukan militer terkuat di dunia.

Besok, Xi diperkirakan bakal secara formal diberikan masa jabatan kedua sepanjang lima tahun sebagai sekretaris jenderal partai dan mengungkap anggota baru Komite Politburo, badan pengambil kebijakan tertinggi di sistem satu partai China.

 
Baca Juga Artikel Keren & Terupdate Kami Lainnya Di :

wixsite.com wordpress.com weebly.com blogdetik.com
strikingly.com jigsy.com spruz.com bravesite.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar