Selasa, 25 September 2018

SOLID BERJANGKA | Teknologi Ubah Cara Orang Berbisnis

Foto: Sylke Febrina Laucereno
SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Perkembangan teknologi di dunia maupun di Indonesia adalah hal yang tak bisa dibendung. Pelaku usaha dinilai harus melakukan perubahan agar bisa mengikuti alur teknologi yang terus berubah


Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah menjelaskan saat ini pelaku ekonomi dan pembuat kebijakan sedang menghadapi tantangan yang lebih sulit. 



Menurut dia, seiring berjalannya waktu tantangan sangat berbeda dengan periode dua dekade yang lalu. Halim menyebut, setiap pelaku usaha agar bisa mengikuti zaman harus siap melakukan perubahan.
"Misalnya harus melakukan inovasi dan perubahan pola bisnis serta perubahan produk unggulan. Ini karena selera permintaan bisa berubah dengan cepat," kata Halim.



Halim mengungkapkan, hal ini karena teknologi produksi terus berkembang seiring dengan permintaan yang semakin canggih. Selain itu pengaruh kemajuan dunia digital dan teknologi informasi telah mengubah banyak tempat beroperasi berbagai jenis usaha. 



Dalam konteks stabilitas sistem keuangan (SSK) menurut Halim banyak pihak yang mencoba membandingkan kondisi saat ini dengan 2008 dan kondisi 1997-1998. 

Dia menyebutkan, saat ini pembuat kebijakan dan para analis tampaknya kesulitan untuk memprediksi pelaku pasar dan masyarakat pada umumnya. 



"Jika membandingkan dengan situasi sebelum 97/98 terlihat situasi lingkungan kita ada yang berubah drastis. Terutama jika dilihat dari sudut pandang tahapan perkembangan teknologi informasi," imbuh dia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar