Kamis, 02 Agustus 2018

PT SOLID BERJANGKA | Suku Bunga Acuan AS Ditahan

Gubernur The Fed Jerome Powell/Foto: Reuters
PT SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) menahan suku bunga acuannya. Suku bunga acuan ditahan karena kondisi ekonomi AS yang masih baik dan dimungkinkan kenaikan terjadi pada September mendatang.


The Fed meyakini ekonomi AS tumbuh baik dan pasar tenaga kerja juga terus membaik. Sementara tingkat inflasi masih terjaga sesuai target di level 2%.

"Penyerapan tenaga kerja sangat kuat, rata-rata dalam beberapa bulan terakhir, dan tingkat pengangguran tetap rendah. Pengeluaran rumah tangga dan investasi tumbuh kuat," kata The Fed dalam sebuah pernyataan.
Dengan demikian suku bunga acuan AS alias Fed Fund Rate (FFR) masih berada di level 1,75-2%.

BACA JUGA :Solidberjangka

The Fed diperkirakan menaikkan bunga acuannya dua kali lagi pada akhir tahun ini. Kenaikan diperkirakan terjadi di September dan Desember.

Gubernur The Fed Jerome Powell baru-baru ini mengatakan ekonomi AS berada di posisi yang benar-benar baik dan berjanji untuk melanjutkan dengan kenaikan bertahap untuk mempertahankan ekspansi ekonomi AS.

BACA JUGA :Solidgold Berjangka

"Ini konsisten dengan apa yang dikatakan Powell kepada Kongres, ekonomi berjalan dengan sangat baik sekarang," kata Willie Delwiche, Ahli Strategi Investasi Baird.


Ekonomi tumbuh pada level 4,1% pada kuartal II-2018 menunjukkan yang terbaik dalam empat tahun terakhir karena didorong konsumsi.

Inflasi juga meningkat setelah enam tahun di bawah target The Fed. Ukuran inflasi yang disukai bank sentral adalah indeks pengeluaran konsumsi pribadi (personal consumption expenditure/PCE) yang tidak termasuk komponen makanan dan energi di level 2% pada kuartal kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar