Senin, 11 September 2017

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Kakek Nenek Kelihatan Cuek ke Cucu, Belum Tentu Tanda Tak Sayang

PT SOLID GOLD BERJANGKA - Namanya kakek sama nenek pasti sayang dong sama cucunya ya, Bun. Apalagi kalau si kecil cucu pertama di keluarga, wah bisa jadi 'rebutan' nih. Eh, tapi ada juga lho kakek nenek yang kesannya cuek sama cucunya.

Sahabat HaiBunda, Meinar, bercerita kalau dia melahirkan ketiga anaknya di rumah orang tuanya di kampung halaman. Selama itu pula, ibu dan ayah Meinar hanya membantu menjaga cucunya kalau diminta. Saat itu, Meinar memang sudah dibantu oleh asisten rumah tangganya yang ikut diboyong ke kampung halaman.

"Kebetulan anak saya ini cucu kesekian, jadi udah biasa kali ya ibu bapak saya. Tapi kalau sayang sih sayang sama cucunya. Cuma kelihatannya kayak cuek aja," kata Meinar.

Lain Meinar, lain lagi yang dialami bunda dua anak bernama Firli. Saat anaknya kecil, Firli tinggal di dekat rumah mertuanya. Selama bekerja, anak Firli dititipkan ke rumah mertua meski memang ada baby sitter yang menjaga si kecil. Kata Firli, ibu mertuanya cuma mengawasi si kecil aja, Bun. Untuk urusan menidurkan anak Firli, menyuapi, atau memandikan, si ibu mertua akan menyuruh sang baby sitter.

Sama kayak Meinar, awalnya Firli mengira ibu mertuanya nggak sayang sama cucunya. Tapi, makin ke sini Firli tahu kalau si ibu mertua sudah malas aja Bun berurusan sama anak-anak, he he he. Wajar emang ya, kalau perasaan kita terganjal ketika orang tua atau mertua kok kelihatannya nggak perhatian sama anak kita.

Kalau Bunda merasakan ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog atau Anas bilang yang mesti kita lakukan adalah nanya nih ke si kakek dan nenek apa sih harapan mereka saat terlibat dalam mengurus cucu. Terus, ekspektasinya kayak apa.

Kata Anas, kan ada nih kakek nenek yang menyerahkan seluruh masalah cucunya pada sang anak. 'Kan itu anak kamu, kami atur aja'. Nah, pemikiran kayak gitu bisa aja bikin kakek nenek terkesan cuek. Anas berpesan, jangan kekeuh sama dugaan kita ya.

"Kita harus tanya. Nggak bisa ngira-ngira sendiri oh ibu sama bapak nggak sayang nih sama anak aku soalnya nggak perhatian sama anakku, nggak bisa gitu. Belum tentu apa yang kita kira sama dengan apa yang ada di pikiran kakek neneknya," kata Anas waktu ngobrol sama HaiBunda.

Soalnya, Anas bilang terlebih kalau kakek nenek udah pensiun, ada yang ekspektasinya senang banget kalau bisa ngurusi cucu, hitung-hitung mengisi waktu. Tapi, ada juga yang merasa sudah capek dan sudah bukan waktunya ngurusin cucu.

"Ada yang kelihatan cuek dan nggak ke cucu juga lebih karena tipe orangnya juga. Bisa jadi dia udah berpikir ini kan anak dari anaknya dia, jadi nggak usah terlalu terlibat. Atau, kebetulan kakek nenek udah ada kegiatan lain jadi nggak terlalu fokus sama cucunya," tutur Anas.

Bunda berada di situasi kayak gini? Seperti saran Anas, yuk kita bicarakan sama kakek dan nenek. Jangan sedih juga ya, Bun. Anas bilang, kakek nenek yang kelihatan cuek dan nggak perhatian sama cucu bukan berarti mereka nggak sayang sama cucunya, kok.

Baca Juga Artikel Keren & Terupdate Kami Lainnya Di :
Sgoldberjangka.com wordpress.com weebly.com blogdetik.com strikingly.com
wixsie.com jigsy.com spruz.com bravesite.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar