Senin, 25 September 2017

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Cerita Kesuksesan Elon Musk, Si Penemu PayPal

Cerita Kesuksesan Elon Musk, Si Penemu PayPal
PT SOLID GOLD BERJANGKA - Pengusaha asal Afrika Selatan, Elon Musk, dikenal sebagai pendiri Tesla Motors dan SpaceX, yang meluncurkan pesawat ruang angkasa komersial pada tahun 2012.

"Saya sangat pro-lingkungan, tapi mari kita cari tahu bagaimana melakukannya dengan lebih baik dan tidak melompat melalui selusin lingkaran untuk mencapai apa yang sudah jelas di tempat pertama." -Elon Musk.

Ringkasan
Lahir di Afrika Selatan pada tahun 1971, Elon Musk menjadi miliuner pada usia akhir 20-an ketika dia menjual perusahaan start up-nya, Zip2, ke sebuah divisi dari Compaq Computers. Dia meraih lebih banyak kesuksesan dengan mendirikan X.com di tahun 1999, SpaceX pada tahun 2002 dan Tesla Motors pada tahun 2003. Musk menjadi berita utama pada Mei 2012, ketika SpaceX meluncurkan sebuah roket yang akan mengirim kendaraan komersial pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia memperkuat portofolionya dengan membeli SolarCity pada tahun 2016, dan memperkuat pendiriannya sebagai pemimpin industri dengan mengambil peran penasihat pada masa-masa awal pemerintahan Presiden Donald Trump.

Masa muda
Ibunya berasal dari Kanada dan ayahnya Afrika Selatan, Elon Reeve Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Dia menghabiskan masa kecilnya dengan saudaranya Kimbal dan saudara perempuannya Tosca di Afrika Selatan, dan pada usia 10 tahun, Elon yang introvert mengembangkan minat pada komputer.

Kemudian, orang tuanya bercerai. Dia belajar sendiri bagaimana memprogramnya, dan saat berusia 12 tahun dia membuat penjualan perangkat lunak pertamanya-dari permainan yang dia ciptakan bernama Blastar. Pada usia 17, pada tahun 1989, dia pindah ke Kanada untuk menghadiri Queen's University dan menghindari layanan wajib di militer Afrika Selatan, namun pada tahun 1992 Elon pergi belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania. Dia lulus dengan gelar sarjana ekonomi dan di gelar sarjana kedua dalam bidang fisika.

"Saya tidak memiliki masalah dengan bertugas di militer, tapi bertugas di tentara Afrika Selatan yang menekan orang kulit hitam sepertinya tidak seperti cara yang benar-benar baik untuk menghabiskan waktu." - Elon Musk.

Setelah meninggalkan Penn, Elon Musk berangkat ke Stanford University di California untuk melanjutkan gelar Ph.D dalam fisika energi. Namun, kepindahannya tepat waktu dengan ledakan di Internet, dan dia keluar dari Stanford setelah dua hari menjadi bagian darinya, meluncurkan perusahaan pertamanya, Zip2 Corporation.

Sebuah panduan kota online, Zip2 segera menyediakan konten untuk situs baru The New York Times dan Chicago Tribune, dan pada tahun 1999, sebuah divisi dari Compaq Computer Corporation membeli uang tunai sebesar US$ 307 juta dan US$ 34 juta untuk opsi saham.

Pengusaha yang Benar
Pada tahun 1999, Musk mendirikan X.com, perusahaan jasa keuangan/ pembayaran online. Akuisisi X.com tahun berikutnya menyebabkan pembuatan PayPal seperti yang diketahui saat ini, dan pada Oktober 2002, PayPal diakuisisi oleh eBay seharga US$ 1,5 miliar. Sebelum penjualan, Musk memiliki 11 persen saham PayPal.

"Jika saya mencoba memecahkan masalah, dan saya pikir saya memiliki beberapa elemen dari hal itu yang hampir dipikirkan, saya akan mempercepatnya selama berjam-jam mencoba memikirkannya." - Elon Musk

Tidak pernah ada yang bisa bertahan dalam kemenangannya, Musk mendirikan perusahaan ketiganya, Space Exploration Technologies Corporation, atau SpaceX, pada tahun 2002 dengan tujuan membangun pesawat ruang angkasa untuk perjalanan ruang komersial. Pada 2008, SpaceX sudah mapan, dan NASA memberi perusahaan kontrak untuk menangani transportasi kargo untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional - dengan rencana untuk transportasi astronot di masa depan - dalam sebuah langkah untuk menggantikan misi antariksa milik NASA sendiri.

Potensi eksplorasi luar angkasa yang tak terbatas dan pelestarian masa depan umat manusia telah menjadi fondasi kepentingan abadi Musk, dan terhadap ini dia telah mendirikan Musk Foundation, yang didedikasikan untuk eksplorasi luar angkasa dan penemuan sumber energi terbarukan dan bersih.

Tesla Motors
Usaha Musk lainnya adalah Tesla Motors, sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk memproduksi mobil listrik dengan massa pasar yang terjangkau. Lima tahun setelah pembentukannya, perusahaan pada tahun 2008 meluncurkan Roadster, sebuah mobil sport yang mampu melaju dari 0 sampai 60 mil per jam dalam 3,7 detik, dan juga melakukan perjalanan hampir 250 mil di antara biaya baterai lithium ion-nya. Dengan saham di perusahaan yang diambil oleh Daimler dan kemitraan strategis dengan Toyota, Tesla Motors meluncurkan penawaran umum perdana pada bulan Juni 2010, mengumpulkan US$ 226 juta.

Keberhasilan tambahan termasuk Model S, sedan listrik pertama perusahaan. Mampu menempuh jarak 265 mil, Model S mendapat sebutan sebagai Mobil Tahun 2013 oleh majalah Motor Trend.

Pada April 2017, diumumkan bahwa Tesla telah melampaui General Motors untuk menjadi pembuat mobil AS yang paling berharga. Berita tersebut merupakan anugerah yang jelas bagi Tesla, yang ingin meningkatkan produksi dan melepaskan sedan Model 3-nya akhir tahun itu.
 
Inovasi Lainnya
Musk melanjutkan pekerjaannya dalam usaha membuat gagasan inovatifnya menjadi kenyataan. Pada Agustus 2013, dia merilis sebuah konsep untuk bentuk transportasi baru yang disebut "Hyperloop," sebuah penemuan yang akan mendorong perjalanan pulang-pergi di antara kota-kota besar sambil mengurangi waktu tempuh. Idealnya tahan terhadap cuaca dan didukung oleh energi terbarukan, Hyperloop akan mendorong pengendara melalui jaringan tabung bertekanan rendah dengan kecepatan mencapai lebih dari 700 mil per jam. Musk mencatat, Hyperloop bisa memakan waktu tujuh sampai 10 tahun untuk dibangun dan siap digunakan.
 
Meskipun ia memperkenalkan Hyperloop dengan klaim akan lebih aman daripada pesawat terbang atau kereta api, dengan perkiraan biaya sebesar US$ 6 miliar - sekitar sepersepuluh dari biaya untuk sistem kereta api yang direncanakan oleh konsep negara bagian California-Musk telah menarik skeptisisme. Meski demikian, pengusaha telah berusaha mendorong pengembagan gagasan ini. Setelah mengumumkan sebuah kompetisi bagi tim untuk menyerahkan desain prototipe Hyperloop pod mereka. Kompetisi Hyperloop Pod pertama diadakan di fasilitas SpaceX pada Januari 2017.

Pengusaha juga mengejar ketertarikan pada Kecerdasan Buatan, Musk menjadi co-chair dari perusahaan riset nirlaba OpenAI, yang diluncurkan pada akhir 2015, dengan misi lain untuk memajukan kecerdasan digital untuk menguntungkan umat manusia. Selain itu, pada 2017 terungkap bahwa Musk mendukung usaha bernama Neuralink, yang bermaksud menciptakan perangkat untuk ditanamkan di otak manusia dan membantu orang bergabung dengan perangkat lunak.

Dalam inovasi lain, Musk pada Januari 2017 tiba-tiba memutuskan dia akan menemukan cara untuk mengurangi lalu lintas dengan mencurahkan sumber daya untuk membuat terowongan yang membosankan dan membangun. Dia meluncurkan usaha tersebut, dilaporkan bernama "The Boring Company," dengan sebuah uji coba pada properti SpaceX di Los Angeles.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar