Selasa, 10 September 2024

Solid Gold Berjangka | Wall Street stabil menjelang peluncuran Apple dan debat presiden


 Solid Gold Berjangka Makassar - Pasar AS dan global menunjukkan tanda-tanda stabilisasi hari ini setelah respon yang kacau terhadap laporan ketenagakerjaan AS hari Jumat lalu. Bursa berjangka Wall Street stabil, dengan para investor menantikan peluncuran iPhone baru Apple dan debat calon presiden yang akan datang.

Laporan ketenagakerjaan untuk bulan Agustus mengindikasikan sedikit penurunan dibandingkan dengan ekspektasi, namun menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan bulan Juli. Revisi data bulan sebelumnya menunjukkan lanskap ketenagakerjaan yang sedikit lebih lemah. Meskipun demikian, laporan ini tidak cukup lemah untuk menunjukkan bahwa Federal Reserve akan mempertimbangkan penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan 18 September.

Pejabat Federal Reserve Christopher Waller dan John Williams telah mengkonfirmasi ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga yang akan datang, dengan Waller menyarankan bahwa siklus pelonggaran harus agresif. Namun, kedua pejabat tersebut tidak menyampaikan kebutuhan segera untuk pemotongan setengah poin persentase yang drastis.

S&P 500 ditutup turun 1,7% pada hari Jumat, menandai minggu terburuk sejak Maret 2023 dengan penurunan 4,5%. Pasar Asia mengikuti, meskipun tidak terlalu dramatis, pada awal pekan ini.

Terlepas dari penilaian ulang pasar terhadap potensi penurunan suku bunga The Fed, ekspektasi untuk akhir tahun tetap tidak berubah, dengan 112 basis poin penurunan diantisipasi pada bulan Desember dan 235 basis poin selama tahun depan. Imbal hasil pada surat utang negara bertenor sepuluh tahun dan dua tahun, yang telah turun ke level terendah sejak Juni tahun lalu dan Maret 2023, mengalami sedikit kenaikan hari ini menjelang lelang Treasury minggu ini dengan total $ 119 miliar.

Di Eropa, pasar mengantisipasi penurunan suku bunga kedua dari Bank Sentral Eropa pada hari Kamis ini, sementara euro telah melemah untuk mengantisipasi potensi penurunan PDB dan perkiraan inflasi.

Laporan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) AS yang akan dirilis pada hari Rabu akan diawasi dengan ketat untuk mengukur tingkat disinflasi. Ekspektasi inflasi di AS telah menurun, dengan tingkat inflasi impas 10 tahun berada pada level terendah sejak Januari 2021.

The Fed New York akan merilis survei ekspektasi inflasi rumah tangga hari ini, yang dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang prospek inflasi.

Di arena politik, pemilihan presiden AS semakin intensif dengan debat televisi pertama yang dijadwalkan pada hari Selasa antara kandidat dari Partai Demokrat Kamala Harris dan Partai Republik Donald Trump. Jajak pendapat terbaru mengindikasikan persaingan yang ketat, dengan jajak pendapat New York Times dan Siena College menunjukkan Trump unggul tipis 48% berbanding 47%.

Dalam berita perusahaan, Apple bersiap untuk meluncurkan seri iPhone barunya yang menampilkan chip A18 yang didasarkan pada desain V9 terbaru dari Arm.

Saham Boeing telah meningkat 3% pada perdagangan hari ini setelah perusahaan mencapai kesepakatan sementara dengan serikat pekerja, yang berpotensi mencegah pemogokan.

Para investor juga akan mengamati survei ekspektasi inflasi Fed New York, tren ketenagakerjaan AS untuk bulan Agustus, data kredit konsumen bulan Juli, dan angka inflasi Meksiko untuk bulan Agustus.

Laporan pendapatan dari Oracle dan penjualan surat utang AS akan memandu arah pasar lebih lanjut.

NASDAQ: AAPL dan NYSE: BA adalah beberapa saham yang perlu diperhatikan saat minggu ini dimulai dengan data ekonomi utama dan peristiwa politik yang akan mempengaruhi pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar