Kamis, 12 September 2024

Solid Gold Berjangka | Kekhawatiran badai tropis mengangkat harga minyak setelah penurunan tajam


 Solid Gold Berjangka Makassar - Harga minyak mentah mengalami rebound pada hari Rabu karena pasar bereaksi terhadap potensi gangguan pasokan yang disebabkan oleh Badai Tropis Francine. Minyak mentah berjangka Brent mengalami kenaikan 39 sen, atau 0,6%, mencapai $69,58 per barel, sementara minyak mentah berjangka AS naik 44 sen, atau 0,7%, menjadi $66,19 per barel.

Pemulihan ini terjadi setelah kedua patokan tersebut mengalami penurunan signifikan hampir $3 pada hari Selasa, dengan minyak mentah Brent menyentuh level terendah sejak Desember 2021 dan minyak mentah AS turun ke level terendah sejak Mei 2023.

Penurunan harga pada awal pekan ini disebabkan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang merevisi proyeksi permintaannya ke bawah untuk tahun ini dan 2025.

Namun, fokus pasar bergeser karena Badai Tropis Francine, yang diperkirakan akan meningkat menjadi badai semalam pada hari Selasa, menyebabkan evakuasi penduduk Louisiana dan penutupan produksi minyak dan gas di Teluk Meksiko.

Menurut Biro Keselamatan dan Penegakan Lingkungan AS (BSEE), sekitar 24% produksi minyak mentah dan 26% produksi gas alam terhenti di wilayah Teluk akibat badai tersebut.

Hiroyuki Kikukawa, presiden NS Trading di Nissan Securities, mencatat bahwa para investor menyesuaikan posisi mereka setelah penurunan tajam pada hari Selasa dan bahwa rebound ini didorong oleh kekhawatiran akan gangguan pasokan.

Kikukawa juga menyebutkan bahwa beberapa fasilitas produksi telah dihentikan sementara, meskipun ia mengantisipasi pasar akan tetap bearish karena kekhawatiran menyeluruh tentang perlambatan permintaan global.

Dalam laporan bulanannya, OPEC mengindikasikan penurunan perkiraan kenaikan permintaan minyak dunia menjadi 2,03 juta barel per hari (bph) pada tahun 2024, turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,11 juta bph. Perkiraan pertumbuhan permintaan global tahun 2025 juga dipangkas menjadi 1,74 juta bph dari 1,78 juta bph.

Kontras dengan perkiraan OPEC, US Energy Information Administration (EIA) melaporkan pada hari Selasa bahwa permintaan minyak global diproyeksikan akan mencapai rekor baru tahun ini, sementara pertumbuhan produksi yang diantisipasi akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Selain itu, impor minyak mentah harian China melonjak bulan lalu ke level tertinggi dalam satu tahun, seperti yang dilaporkan pada hari Selasa, menunjukkan pemulihan yang didorong oleh harga minyak mentah yang lebih rendah dan margin penyulingan yang membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar