Selasa, 20 Februari 2018

SOLID BERJANGKA | 4 ‘Rektor’ Unhas Dampingi JK ke Hiroshima University

4 'Rektor' Unhas Dampingi JK ke Hiroshima University
SOLID GOLD MAKASSAR – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (76), Selasa (20/2/2018) pukul 00.30 Wita, dijadwalkan meninggalkan Tanah Air menuju Osaka, Jepang.
Wapres diagendakan mengikuti yudisium penerimaan gelar Doctor Honoris Causa bidang Perdamaian dari Universitas Hiroshima, Jepang.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Ariestina, dan tiga mantan rektor Unhas lainnya juga ikut bersama peraih gelar Doktorandus di Fakultas Ekonomi Unhas itu.


Tiga mantan rektor itu adalah Prof Dr Basri Hasanuddin, Prof Dr Radi A Gani, dan Prof Dr Idrus Paturusi.
“Ini rektor semua, saya hanya pengganti rektor,” kata Prof Dwia berkelakar tentang tiga seniornya di Lounge Garuda Bandara Internazional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (19/2/2018) tadi Gelar doktor kehormatan dari kota Bom Atom Jepang 1943 itu adalah gelar Dr HC ke-11 JK dalam 11 tahun terakhir. 

Empat gelar diterima di luar negeri dan 7 lainnya dari universiras di Indoensia.
Berikut 10 gelar Dr HC sebelumnya.

1. Sabtu, 21 Juli 2007– Universitas Malaya Malaysia, Bidang Ekonomi

Karena jasa dan sumbangsihnya untuk memajukan ekonomi global.
Penganugrahan ini dilakukan oleh Paduka Seri Sultan Perak Darul Rizduan Dato’ Rafiah Salim di Aula Tunku Canselor, Universitas Malaya, Kuala Lumpur.


2. 2 Februari 2009– Univeritas Soka, Jepang, Bidang Perdamaian. 

Karena mengupayakan penyelesaian konflik di beberapa daerah yang rawan, seperti Poso, Ambon, dan Aceh.

3. Universitas Pendidikan Indonesia(UPI), Bidang Pendidikan

Karena kiprah dan sumbangannya bagi kemajuan kehidupan masyarakat Indonesia sangat jelas dan nyata.
Orasi ilmiah “Kemajuan Bangsa, Pendidikan dan Kewirausahaan”,
Pada Kamis 17/3 2011. Pemberian anugerah ini bertempat di Balai Pertemuan UPI, Jl Dr Setiabudhi No 229, Bandung.

 
4. Senin, 5 September 2016 – Universitas Hassanuddin

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima penganugerahan doktor honoris causaBidang Hukum Pemerintahan Daerahdari Universitas Andalas, Sumatera Barat, di Balairung Universitas Andalas. Saldi mengatakan Kalla adalah figur yang telah berperan penting bagi kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa Indonesia dan umat manusia.

5. Sabtu, 8 Oktober 2011 – Universitas Brawijaya

Dilaksanakan Rapat Senat Terbuka Universitas Brawijaya dalam rangka Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia 2004-2009. Karena  dianggap telah meningkatkan kewirausahaan untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan bangsa.

6. Sabtu, 9 Maret 2013 – Universitas Indonesia

Bidang Kepemimpinan. Penganugerahan didasarkan atas kontribusinya dalam dunia kepemimpinan di Indonesia yang telah menginspirasi dan menerapkan kriteria pemimpin transformasional, yaitu memiliki visi ke depan, berintegritas, dan berdedikasi tinggi.

 
7. Sabtu, 14 November 2015 – Universitas Unsyiah Kuala

Dalam Bidang Perdamaian dan Kemanusiaan. Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal M.Eng menilai, Jusuf Kalla pantas menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Unsyiah karena telah berjasa bagi perdamaian di Aceh. 

8. Senin, 5 September 2016 – Universitas Andalas

Bidang hukum Pemerintahan Daerah. Universitas Andalas, Sumatera Barat, di Balairung Universitas Andalas.  Kalla dianggap layak diberi gelar itu lantaran sejumlah jasa-jasanya selama berada di dalam pemerintahan.

9. Rabu, 22 Maret 2017 – Rajamanga University of Technology, Isan (RMUTI)

Gelar Kehormatan ini diberikan oleh Putri Maha Chakri Sirindhorn di Graduation Hall.


10. Kamis, 25 januari 2018 – Universitas Alauddin 

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, akan menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC), dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, di auditorium kampus II UIN Jl HM Yasin Limpo Samata Gowa.  Jusuf Kalla telah melakukan penyelesaian konflik dengan pendekatam studi perdamaian tanpa peperangan – SOLID BERJANGKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar