Selasa, 06 Februari 2018

SOLID BERJANGKA | China Klaim Berhasil Uji Coba Sistem Antirudal

https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 06 18 1855467 china-klaim-berhasil-uji-coba-sistem-antirudal-XEQsc8xhIV.jpg
SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Kementerian Pertahanan China mengklaim telah berhasil menggelar uji coba sistem antirudal. Beijing mendeskripsikan latihan tersebut memiliki tujuan pertahanan, bukan untuk ditujukan kepada negara tertentu.


Negeri Tirai Bambu telah meningkatkan penelitian terhadap seluruh rudal, mulai dari sistem yang mampu menghancurkan satelit di udara hingga rudal balistik nuklir canggih. Penelitian tersebut merupakan bagian dari skema modernisasi nan ambisius Presiden Xi Jinping.


“Teknologi intersep sistem antirudal yang berbasis di darat berhasil diuji coba pada Senin di perbatasan. Uji coba tersebut berhasil memenuhi target. Tes ini bertujuan untuk pertahanan diri dan tidak ditujukan ke negara mana pun,” ujar Kementerian Pertahanan China.

 
China dan Rusia merupakan dua negara yang paling gencar menentang sistem pertahanan antirudal THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) yang dipakai di Korea Selatan. Meski menentang sistem yang dikembangkan Amerika Serikat (AS) itu, China tetap mengembangkan sendiri teknologi sistem pertahanan antirudal miliknya.


Negeri Panda khawatir sistem THAAD, yang memiliki radar sangat kuat, dapat mengekspos wilayah China dan membahayakan keamanan nasional. China juga yakin THAAD tidak akan berguna untuk meredakan ketegangan dengan Korea Utara terkait program rudal dan pengembangan nuklir.

Sayangnya, China hanya memberikan sedikit rincian mengenai program rudal mereka. Pada 2016, Kementerian Pertahanan mengonfirmasi tengah mengupayakan uji coba sistem antirudal setelah beberapa foto muncul di televisi.

 
Media-media milik pemerintah China hanya mengatakan negara sudah melakukan uji coba sistem antirudal sejak 2010. China berkali-kali menegaskan bahwa pengembangan teknologi sistem antirudal sangat dibutuhkan demi kepentingan pertahanan serta keamanan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar