Jumat, 02 Februari 2018

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Kisah Dewa-Dewi Bulan dari Penjuru Dunia

https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 01 18 1853390 kisah-dewa-dewi-bulan-dari-penjuru-dunia-wVgYDJ3e85.jpg
PT SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR - EUFORIA pascafenomena astronomi langka Super Blue Blood Moon masih terasa. Salah satunya nampak dari linimasa media sosial yang masih ramai dihiasi berbagai postingan tentang penampakan alam yang hanya terjadi sekira 150 tahun sekali itu.

Tak hanya di Indonesia, penampakan tiga fenomena bulan itu juga dapat disaksikan di belahan bumi lainnya. Nyatanya, penduduk di berbagai negara memiliki mitos sendiri tentang bulan. Mitos-mitos ini telah ada turun temurun, jauh sebelum ilmu astronomi berkembang pesat. Masyarakat kuno percaya, bulan dikuasai oleh dewa-dewi tertentu.


Berikut ini 4 tokoh legenda bulan di seluruh dunia, seperti dikutip dari buku Kisah 1001 Mitos-Mitos Unik di Dunia.

1. Heng O, China
Masyarakat China kuno percaya ada 12 bulan di langit, sesuai dengan penanggalan 12 bulan di kalender. Menurut masyarakat China kuno, ke-12 bulan itu lahir dari ibu yang sama, yakni Heng O.
Pada awal bulan, sang ibu akan memandikan anak-anaknya di danau sebelah barat. Kemudianmereka akan menaiki kereta untuk mencapai sisi timur dunia secara bergantian. Masyarakat China kuno juga percaya bahwa bulan terbuat dari air. 


2. Soma, India

Dalam kepercayaan agama Hindu, Soma dikenal sebagai dewi yang berkaitan dengan bulan. Ia digambarkan sebagai embrio atau banteng yang merupakan simbol kesuburan. 


3. Luna, Romawi

Luna adalah nama Dewi Bulan dalam mitologi Romawi kuno. Ia selalu dipasangkan dengan Dewa Matahari di beberapa cerita rakyat. Ia melakukan perjalanan di langit bergantian dengan Dewa Matahari. Luna digambarkan sebagai sosok yang penuh gairah dan memiliki banyak kekasih.

 
4. Mawu, Afrika

Mawu adalah Dewa Bulan dalam mitologi Afrika. Ia terikat dengan Dewi Matahari bernama Liza. Konon mereka hanya bertemu sekali dalam beberapa tahun.


Masyarakat Afrika percaya, gerhana bulan dan gerhana matahari terjadi akibat kedua penguasa langit itu sedang bersama. Kisah ini menceritakan tentang kekuatan, cinta, dan keinginan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar