Senin, 03 Desember 2018

SOLID GOLD | Roket Soyuz Siap Antar Astronot ke Stasiun Antariksa

Ilustrasi roket Soyuz. Foto: Dok. REUTERS/Shamil Zhumatov
SOLID GOLD MAKASSAR - Sempat gagal terbang saat akan mengantar dua astronot menuju International Space Station (ISS) Oktober lalu, kini roket Soyuz kembali bersiap menuju ISS.


Oktober lalu, roket Soyuz tak jadi terbang karena salah satu booster gagal memisahkan diri dengan inti roket. Setelah melakukan investigasi, Rusia mengklaim telah mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut dan mengklaim Soyuz siap mengantarkan astronot kembali.


Sejak kejadian gagal terbang tersebut, Soyuz telah empat kali sukses meluncur. Namun, roket dengan konfigurasi yang sama dengan roket yang gagal terbang baru diluncurkan sekali.

Roket yang disebut Soyuz FG tersebut meluncur pada November dan mengangkut kapal kargo Progress menuju ISS.


Soyuz FG nantinya akan mengantarkan astronot NASA Anne McClain, kosmonot Rusia Oleg Kononenko dan astronot Kanada David Saint-Jacques menuju ISS. 

McClain yang akan menjalani perjalanan pertamanya ke luar angkasa mengaku percaya dengan roket Soyuz yang akan mengantarkannya. Dia mengatakan, perjalanan ini tidak akan dilanjutkan jika ada masalah yang belum diatasi.


Peluncuran ini awalnya dijadwalkan pada 20 Desember. Tapi karena kekhawatiran akan kosongnya ISS, maka badan antariksa Rusia Roscosmos memutuskan untuk mempercepat peluncuran menjadi hari ini.


Ketiga astronot ini seharusnya bergabung dengan astronot NASA Nick Hague dan kosmonot Rusia Aleksey Ovchinin. Namun, keduanya merupakan astronot yang menumpang roket yang gagal menuju ISS pada bulan Oktober lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar