Rabu, 20 Desember 2017

SOLID GOLD BERJANGKA | Rudal Houthi yang Ditembakkan ke Arab Saudi Punya Ciri Khas Iran

Rudal Houthi yang Ditembakkan ke Arab Saudi Punya Ciri Khas Iran
SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR - Rudal yang ditembakkan dari Yaman ke ibu kota Arab Saudi, Riyadh, memiliki ciri khas senjata yang dipasok Iran, sebut Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley.


Saat berpidato di hadapan para anggota Dewan Keamanan PBB, Haley mengatakan rudal tersebut "punya kesamaan dengan rudal dalam serangan-serangan serupa yang menggunakan senjata pasokan Iran".
"Kita harus bertindak bersama untuk mengungkap kejahatan-kejahatan rezim Teheran dan melakukan apapun yang diperlukan demi memastikan mereka mendapat pesannya."
"Jika kita tidak melakukannya, Iran akan membawa dunia lebih masuk ke dalam konflik kawasan," papar Haley.

Haley kemudian mengajukan serangkaian aksi yang bisa dilakukan DK PBB, namun Rusia yang bersekutu dengan Iran, mengindikasikan tidak akan mendukung rencana aksi tersebut.
Sebelumnya, Iran berkeras membantah mempersenjatai kubu pemberontak Houthi di Yaman.

BACA JUGA : Solidberjangka | Memahami Modus Operandi Dan Cara Kerja Penipuan

Map showing Yemen, Saudi Arabia and close-up of Riyadh 
Saluran TV Al Masirah milik kelompok pemberontak Houthi di Yaman mengatakan sasaran rudal adalah pertemuan para pemuka Arab Saudi di Istana Al-Yamama, yang merupakan kantor pusat Raja dan juga pengadilan kerajaan.

Rudal itu ditujukan kepada 'pertemuan para pemimpin Saudi di Istana Al-Yamama di Riyadh' dengan agenda antara lain diperkirakan berupa pembahasan anggaran tahunan dan dihadiri oleh Putra Mahkota, Mohamed bin Salman, menurut Al Masirah.
Beberapa menit kemudian, stasiun TV pemerintah Saudi melaporkan sebuah rudah sudah dicegat di sebelah selatan ibu kota.


Sebuah video -yang diterbitkan oleh seorang pria yang mengaku berada di distrik Olaya- memperlihatkan asap putih di atas Riyadh dan suara ledakan kemudian terdengar.
Juru bicara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, rudal tersebut telah ditangkal menggunakan rudal Patriot.

Dia mengatakan serangan itu membuktikan "keterlibatan lanjutan" Iran yang menyokong Houthi.
Awal bulan lalu, satu rudal juga berhasil dicegat sebelum menghantam bandara Riyadh. Rudal-rudal ini, menurut Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley, jelas buatan Iran.

saudi 

Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, memperlihatkan sisa-sisa rudal yang ditembakkan ke arah Riyadh, November lalu.
Data PBB memperlihatkan lebih dari 8.670 orang meninggal dunia dan 49.960 lainnya cedera sejak pasukan koalisi turut campur dalam peperangan di Yaman.


Perang tersebut juga menyebabkan 20,7 juta orang memerlukan bantuan kemanusiaan dan turut menimbulkan wabah kolera yang diperkirakan menewaskan 2.219 orang sejak April lalu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar