Selasa, 31 Oktober 2017

PT SOLID GOLD BERJANGKA | RI Siap Rebut Pasar Ekspor Ikan ke Uni Eropa dan AS dari Vietnam

RI Siap Rebut Pasar Ekspor Ikan ke Uni Eropa dan AS dari Vietnam
PT SOLID GOLD BERJANGKA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, Indonesia akan mengambil peluang untuk mengekspor produk perikanan dari dalam negeri ke Uni Eropa, yang selama ini dimiliki oleh Vietnam. Hal ini menyusul kartu kuning yang dikenakan ke Vietnam oleh Uni Eropa lantaran telah melanggar perjanjian illegal fishing yang telah disepakati.

"Vietnam sudah kena kartu kuning, dia baru dikenakan kartu kuning minggu kemarin dari Uni Eropa karena nyuri terus. Dia tidak menunjukkan komitmen yang kuat untuk memberhentikan orang-orangnya yang melakukan illegal fishing," kata Susi

Menurutnya, kartu kuning yang diberikan kepada negara tersebut berpeluang membuat produk perikanannya yang selama ini diekspor ke Uni Eropa akan diboikot untuk masuk.

Kalau mereka (Vietnam) nanti dapat merah kan bisa diblok, kalau kartu kuningnya enggak ada perbaikan, langsung merah. Biasanya orang Eropa patuh karena marketnya bisa boikot," terang Susi.

Salah satu produk Vietnam yang sudah dilarang masuk ke Uni Eropa fillet ikan Dori (Patin) yang memiliki kandungan tripolyphosphate yang melebihi ambang batas. Hal ini juga menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengambil pasar ekspor ikan patin yang selama ini diambil oleh Vietnam ke Uni Eropa dan juga Amerika Serikat (AS).

"Vietnam kan kena banned (boikot) Amerika Serikat produknya yang pangasius atau ikan patin. Jadi dia enggak boleh lagi ekspor ke AS karena kebanyakan chemical content," ucapnya.

"Kita ingin kerahkan ramai-ramai nih ngawasin, supaya penyelundupan tidak terjadi lagi di Indonesia, sehingga nanti petani Patin kita bisa bermanfaat dan bisa ekspor ke Amerika Serikat," pungkas Susi.

Baca Juga Artikel Keren & Terupdate Kami Lainnya Di :

wordpress.com weebly.com blogdetik.com strikingly.com
wixsite.com jigsy.com spruz.com bravesite.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar