Selasa, 26 Juni 2018

SOLID BERJANGKA | Iran Serukan Internasional Bertindak Hentikan Serangan Saudi di Yaman

Iran Serukan Internasional Bertindak Hentikan Serangan Saudi di Yaman
SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Pemerintah Iran menyerukan komunitas internasional untuk mengambil tindakan guna menghentikan serangan-serangan Arab Saudi di Yaman.


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi mengatakan pada para wartawan, Iran juga tengah melakukan kontak dan pemerintah regional dan Eropa untuk menemukan cara guna mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yaman.

"Komunitas internasional harus memahami kondisi sulit rakyat Yaman, dan organisasi-organisasi internasional dan PBB harus melakukan cukup upaya untuk menghentikan agresi terhadap rakyat Yaman yang tertekan," ujar Qassemi.


Saat ini, wilayah Hudaydah, Yaman kerap menjadi target pesawat-pesawat tempur Saudi yang memerangi kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Hudaydah sangat penting bagi mayoritas penduduk Yaman karena di wilayah pelabuhan itulah bantuan kemanusiaan internasional tiba untuk dibagikan ke warga Yaman. Konflik yaman telah membuat negeri itu berada di ambang bencana kelaparan. Saat ini, sekitar delapan juta warga Yaman berisiko mengalami kelaparan.

 
Serangan-serangan Arab Saudi dan blokadenya telah menyebabkan sekitar 22 juta warga Yaman sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan. Konflik di Yaman telah menimbulkan keadaan darurat pangan terbesar di dunia dan memicu wabah kolera yang diyakini telah menewaskan 2.290 orang.

 BACA JUGA :Solidberjangka Transaksi Online Snapshot

Qassemi mengatakan, Iran tengah berupaya untuk "menyampaikan suara orang yang dirugikan dan korban tragedi agresi Saudi kepada dunia" dan mencari mekanisme untuk menghentikan agresi Saudi dan menyediakan bantuan kemanusiaan ke Yaman.

 
Saudi dan negara-negara sekutu telah melancarkan serangan militer terhadap Yaman sejak tahun 2015. Menurut Kementerian Kesehatan Yaman, serangan-serangan Saudi tersebut telah menewaskan dan melukai lebih dari 600 ribu orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar