Senin, 11 November 2019

Solid Gold | BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi selama 11-17 November

BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi selama 11-17 November
Solid Gold Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan lebat dan kenaikan gelombang selama 11-17 November 2019. BMKG meminta masyarakat mewaspadai kondisi hujandengan intensitas lebat disertai petir.
“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” kata Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R. Prabowo melalui keterangan tertulisnya, Senin (11/11/2019).
Mulyono mengatakan kondisi atmosfer yang tidak stabil diakibatkan melemahnya siklon tropis di Laut Cina Selatan. Mulyono memprediksi hujan lebat tersebut akan banyak terjadi di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

“Kondisi atmosfer yang tidak stabil di sebagian besar wilayah tersebut juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan,” tutur Mulyono.
Mulyono juga mengatakan ada potensi gelombang tinggi. Masyrakat diimbau mewaspadai fenomena alam tersebut.
“Gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter pada periode 11 – 17 November 2019 diperkirakan juga berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Simeulue – Kepulauan Mentawai, Perairan barat Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Lombok, Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan NTB,” tutur Mulyono.
Mulyono mengingatkan kepada masyarakat membuka layanan informasi selama 24 jam. Berikut daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang:
Periode 11-14 Novemver 2019
– Aceh
– Sumatera Utara
– Riau
– Kep. Riau
– Sumatera Selatan
– Kep. Bangka Belitung
– DKI Jakarta
– Banten
– Jawa Barat
– Sulawesi Tengah
– Sulawesi Barat
– Papua
Periode 15-17 November 2019 :
– Aceh
– Sumatera Utara
– Sumatera Barat
– Kalimantan Utara
– Papua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar