Kamis, 26 September 2019

Nostalgia Kelahiran Windows XP, Sistem Operasi yang Enggan Mati

Pada 2014 atau 13 tahun sesudah diluncurkan, market share Windows XP masih 29,3%. Bahkan masih banyak yang menggunakannya hingga sekarang sehingga OS ini dinilai susah mati. Foto: Getty Images
PT Solid Berjangka Makassar -Pada 24 Agustus 2001 atau 18 tahun yang lalu, Microsoft melahirkan sistem operasi Windows XP yang kemudian menjadi salah satu software paling populer.

 Bill Gates yang masih Chairman Microsoft bersama Vice President Microsoft kala itu, Jim Allchin, mengadakan konferensi pers untuk meluncurkan Windows XP.

Tampak mereka membawa kepingan disc Windows XP, sistem operasi komputer yang merupakan penerus Windows ME.

Perwakilan produsen komputer Sony dan Gateway kala itu yang digambarkan membawa kopi Windows XP ke pabrik mereka untuk diinstal dan nantinya dijual pada konsumen.

Markas besar Microsoft di Redmond, Washington, mengadakan hitung mundur sampai ketersediaan luas Windows XP di pasaran pada 25 Oktober 2001.Bill Gates menjelaskan apa saja kelebihan Windows XP.

Windows XP menerima review yang bagus karena performa yang meningkat dan stabil. User interface intuitif, dukungan hardware yang diperluas dan kapabilitas multimedia juga meraup pujian. 

 Windows XP saat dipresentasikan oleh Bill Gates dengan wallpaper ikoniknya. Penampilannya yang elegan dan pengoperasian yang simpe membuat OS ini banyak disukai konsumen.

Lebih dari 400 juta kopi Windows XP terjual pada 5 tahun pertama ketersediaannya. 


Menurut Net Applications, Windows XP adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan sampai Agustus 2012, ketika Windows 7 akhirnya melampauinya.

Pada 2014 atau 13 tahun sesudah diluncurkan, market share Windows XP masih 29,3%. Bahkan masih banyak yang menggunakannya hingga sekarang sehingga OS ini dinilai susah mati.

Microsoft telah menghentikan dukungan pada Windows XP sejak April 2014. Sehingga tidak ada lagi pembaruan keamanan untuk sistem operasi ini. Tapi konsumen masih banyak yang setia memakainya.

Windows XP yang disesuaikan dengan perangkat layar sentuh.

Menurut NetMarketShare masih banyak orang yang setiap menggunakan Windows XP lantaran bisa berjalan lancar di perangkat dengan spesifikasi seadanya. Banyak kantor pemerintahan di negara berkembang memakai sistem operasi ini di komputer kantor. Bahkan sejumlah sekolah pun masih memakainya.

Alasan lain, banyak aplikasi yang masih bisa berjalan di sistem operasi ini walau banyak developer yang telah menghentikan update. Faktor lain terkait biaya. Dan terkait alasan sebelumnya, ketika menggunakan sistem operasi yang baru, belum tentu hardware mendukung.

Pada Agustus 2019, 1,65% PC Masih menjalankan Windows XP. 44,6% komputer di negara Armenia bahkan masih mengandalkannya. Di China, persentasenya mencapai 5,38%.

Ini foto Bill Gates remaja bersama sahabatnya, Paul Allen. Mereka satu sekolah. Mereka ini sama-sama gila komputer dan jadi teman dekat. Sama-sama jenius pula sehingga merasa cocok.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar