Selasa, 06 Agustus 2024

Solid Gold Berjangka | Tips Psikologi dalam Investasi Saham

  Solid Gold Berjangka Makassar - Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi investor atau trader dalam mengambil keputusan saat berinvestasi di pasar modal.

Salah satunya, kondisi psikologis yang dapat menentukan pengambilan keputusan investasi. Dalam konteks investasi saham, psikologi trading diartikan sebagai kemampuan investor atau trader dalam mengelola atau mengontrol emosinya ketika trading, terutama saat menghadapi pergerakan harga saham yang fluktuatif.

Investor dengan psikologi trading saham yang baik mampu bersikap tenang dalam keadaan apapun. Namun, investor dengan psikologi trading saham yang buruk seringkali mudah terpengaruh dengan berbagai hal.

Akibatnya, keputusan investasi yang dihasilkan seringkali tidak konsisten dan menyebabkan kerugian. MotionTrade telah merangkum tiga tips melatih psikologi trading saham yang bisa diterapkan, antara lain:

  1. Kenali profil risiko dan tingkat toleransi risiko

Setiap investor atau trader memiliki karakteristik yang berbeda, baik tujuan investasi, kemampuan keuangan, maupun profil risiko. Dengan mengenali karakteristik tersebut, Anda dapat menentukan keputusan yang sesuai dengan tingkat toleransi risiko.

  1. Membuat rencana

Menyusun strategi dan rencana yang sesuai dengan tujuan dapat membantu investor atau trader untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi. Anda bisa membuat daftar saham potensial yang layak dibeli saat trading atau investasi. Tentukan titik entry (buy) saham, titik exit (sell) untuk realisasi keuntungan, dan titik cut loss (sell) untuk meminimalisir kerugian.

  1. Menganalisa informasi secara komprehensif dan objektif

Sebelum mengambil keputusan untuk menjual atau membeli, Anda perlu menganalisa informasi dan fakta secara komprehensif dan objektif. Anda bisa menggunakan analisis fundamental dan teknikal. Anda juga perlu untuk selalu up to date dengan kondisi ekonomi dan pasar saham terkini. Hindari sikap fear of Missing Out (FOMO), yaitu perasaan tidak nyaman atau insecure akan melewatkan keuntungan besar ketika terjadi fluktuasi harga dalam waktu yang relatif singkat pada sebuah saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar