Senin, 05 Agustus 2024

Solid Gold Berjangka | Harga Emas Naik Dekati Rekor Tertinggi seiring Naiknya Kekhawatiran Resesi AS

 

Solid Gold Berjangka Makassar - Harga emas naik di perdagangan Asia pada hari Senin dan diperdagangkan mendekati rekor tertinggi karena logam kuning ini diuntungkan oleh meningkatnya permintaan safe haven di tengah meningkatnya kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Dolar yang lebih lemah juga membantu pasar logam, karena sejumlah data ekonomi AS yang lemah membuat para pedagang memperkirakan penurunan suku bunga AS yang lebih besar tahun ini.

Spot gold naik 0,4% menjadi $ 2.453,51 per ounce, sementara gold futures yang akan berakhir pada bulan Desember naik 1% menjadi $ 2.495,40 per ounce pada pukul 00:51 ET (11:51 GMT).

Emas didukung oleh permintaan safe haven; rekor tertinggi terlihat
Emas berjangka sempat mencapai rekor tertinggi di atas $2.500 per ons dalam beberapa sesi terakhir. Namun harga spot - yang mengindikasikan permintaan jangka pendek untuk emas - diperdagangkan sekitar $25 dari rekor tertinggi $ 2.483,78 per ons yang dicapai pada bulan Juli.

Logam mulia diuntungkan oleh permintaan safe haven setelah serangkaian data ekonomi AS yang mengecewakan - terutama pada aktivitas manufaktur dan pasar tenaga kerja - mendorong kekhawatiran bahwa ekonomi terbesar di dunia ini melambat lebih cepat dari yang diperkirakan.

Hal ini memicu aksi jual besar-besaran di sebagian besar pasar yang digerakkan oleh risiko, terutama di pasar ekuitas, Treasury, dan valuta asing, yang pada gilirannya memicu spekulasi safe haven untuk logam mulia.

Prospek ekonomi yang lebih lemah juga membuat para pedagang memperkirakan potensi penurunan suku bunga yang lebih dalam oleh Federal Reserve, yang baru-baru ini mengisyaratkan bahwa penurunan suku bunga pada bulan September mungkin terjadi.

Bank sentral diperkirakan berpotensi memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin di bulan September dan dapat mengakhiri tahun ini dengan suku bunga turun 100 basis poin, CME Fedwatch menunjukkan.

Skenario ini menjadi pertanda baik untuk emas, mengingat suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang investasi pada aset-aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Logam mulia lainnya sebagian besar diuntungkan dari gagasan ini. Silver futures melonjak 1,2% menjadi $28,720 per ons, sementara platinum futures turun 0,8% menjadi $958,40 per ons.

Tembaga menjauh dari posisi terendah karena beberapa data China yang positif
Di antara logam-logam industri, harga tembaga terbantu dari posisi terendah baru-baru ini oleh beberapa data ekonomi positif dari importir utama China.

Patokan copper futures di London Metal Exchange naik 0,6% menjadi $9.151,50 per ton, sementara copper futures satu bulan naik 0,3% menjadi $4,1350 per pon.

Data indeks manajer pembelian swasta pada hari Senin menunjukkan sektor jasa China tumbuh lebih dari yang diharapkan pada bulan Juli, menunjukkan bahwa beberapa aspek ekonomi tetap tangguh meskipun terjadi penurunan aktivitas manufaktur. Angka ini membantu meningkatkan sentimen terhadap China, yang telah menjadi titik lemah utama bagi tembaga.

Meningkatnya kekhawatiran atas perlambatan ekonomi di negara tersebut - yang dapat mengurangi permintaan tembaga - membuat harga tembaga merosot mendekati level terendah empat bulan dalam beberapa sesi terakhir. Prospek perlambatan ekonomi global juga menjadi pertanda buruk bagi logam merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar