Jumat, 26 Juli 2024

Solid Gold Berjangka | Emas Turun karena Selera Safe Haven Berpaling Mendukung Yen

 

Solid Gold Berjangka Makassar - Harga emas turun di perdagangan Asia pada hari Kamis, melihat sedikit permintaan safe haven meskipun sentimen risk-off meningkat karena para pedagang naik dengan apresiasi tajam dalam yen Jepang.

Kekalahan di pasar komoditas yang lebih luas juga terus berlanjut, dengan harga tembaga memperpanjang penurunan ke level terendah empat bulan di tengah kekhawatiran yang terus-menerus atas importir utama China. Pembacaan yang lemah pada aktivitas manufaktur dari AS, Jerman dan Jepang juga memperburuk prospek tembaga.

Spot gold turun 0,9% menjadi $ 2.376,11 per ons, sementara gold futures yang akan berakhir pada bulan Agustus anjlok 1,7% menjadi $ 2.375,40 per ons pada pukul 11.52 WIB.

Harga emas turun karena safe haven bermain, taruhan kenaikan suku bunga mendukung yen
Logam mulia melihat sedikit permintaan safe haven bahkan ketika pasar global mengalami penurunan tajam dalam risk appetite, dengan para pedagang beralih ke yen Jepang. Pasangan USDJPY yen, yang mengukur jumlah yen yang dibutuhkan untuk membeli satu dolar, merosot ke level terendah lebih dari dua bulan pada hari Kamis.

Yen diuntungkan oleh pelepasan posisi short selama seminggu terakhir, menyusul dugaan intervensi pasar mata uang oleh Tokyo. Namun spekulasi mengenai potensi kenaikan suku bunga oleh Bank of Japan minggu depan juga menguntungkan yen, terutama karena data baru-baru ini mengisyaratkan ketahanan dalam ekonomi Jepang.

Pasar emas dan logam mengambil sedikit keuntungan dari penurunan dolar, yang melemah sebelum sejumlah data ekonomi utama AS dirilis dalam beberapa hari mendatang. Data Produk domestik bruto untuk kuartal kedua akan dirilis pada hari Kamis, sementara data Indeks harga PCE - pengukur inflasi pilihan Federal Reserve - akan dirilis pada hari Jumat.

Logam mulia lainnya juga melemah. Platinum futures turun 1,1% menjadi $949,60 per ounce, sementara silver futures anjlok 4,2% menjadi $28,098 per ounce, menghentikan sebagian besar kenaikannya baru-baru ini.

Kerugian tembaga semakin dalam di tengah kegelisahan permintaan
Di antara logam-logam industri, harga tembaga turun lebih jauh pada hari Kamis, menghadapi tekanan jual yang meningkat di tengah kekhawatiran atas perlambatan permintaan global.

Patokan copper futures di London Metal Exchange turun 1,6% menjadi $8.960,50 per ton - menembus di bawah $9.000 untuk pertama kalinya sejak awal April. Kontrak satu bulan copper futures turun 0,6% menjadi $4,0540 per pon.

Kedua kontrak mengalami penurunan tajam dalam beberapa sesi terakhir, di tengah meningkatnya kekhawatiran atas permintaan di importir utama China, menyusul serangkaian data ekonomi yang mengecewakan dari negara tersebut.

Kekhawatiran atas perlambatan permintaan diperparah oleh data aktivitas manufaktur yang lemah dari AS, Jepang dan Jerman, yang menunjukkan aktivitas industri sedang lesu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar